Pengobatan Gratis di Pura Luhur Tamba Waras

Kegiatan “Pengabdian masyarakat Pengobatan Gratis dan Bakti Sosial di Pura Luhur Tamba Waras”, telah dilakukan pada hari Minggu, tanggal 28 Januari 2018 yang bertempat di Pura Luhur Tamba Waras. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas akademika STIKES Advaita Medika Tabanan dan melibatkan dua dokter umum. Dalam kegiatan pengobatan gratis tersebut didampingi juga oleh panitia Piodalan Pura Luhur Tamba Waras.

Pelaksanaan kegiatan “Pengobatan Gratis dan Bakti Sosial di Pura Luhur Tamba Waras” ini diawali dengan berbagai persiapan, diantaranya adalah konsul dengan pihak panitia Piodalan dan bersurat ke pihak Panitia Piodalan dan juga bersurat ke Puskesmas Penebel 2 sebagai puskesmas yang menaungi wilayah Pura Luhur Tamba Waras. Dilanjutkan dengan mengecek obat dan membeli obat-obatan yang masih dirasa kurang untuk dipergunakan dalam kegiatan tersebut. Selain obat disiapkan juga administrasi yang lainnya, misalnya kertas resep dan dan buku registrasi untuk pasien.

Pada hari Minggu tanggal 28 Januari 2018, pukul 07.30 Wita seluruh civitas akademika berkumpul di STIKES Advaita Medika dan dilanjutkan berangkat bersama menuju Pura Luhur Tamba Waras. Sesampainya di Pura terlebih dahulu diawali dengan melakukan persembahyangan bersama yang dipimpin oleh Pemangku Pura Luhur Tamba Waras. Selesai melaksanakan persembahyangan bersama, mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok, ada mahasiswa yang membantu bersih-bersih dan ada kurang lebih 7 mahasiswa membantu di Pos Pengobatan Gratis. Mahasiswa melaksanakan bersih-bersih di lingkungan area Pura Luhur Tamba Waras dengan menyapu dan memungut sampah agar lingkungan Pura tetap bersih dan rapi. Mahasiswa yang ikut di Pos Pengobatan mereka bertugas untuk membantu mengisi registrasi pasien, mengukur vital sign, dan menyiapkan obat yang didampingi oleh dosen STIKES Advaita Medika Tabanan.

Setiap ada masyarakat yang datang untuk berobat/memeriksakan dirinya terlebih dahulu akan diregristrasi dengan menanyakan identitasnya dan keluhan yang dirasakan. Dilanjutkan dengan vital sign seperti mengukur tekanan darah, nadi, suhu, dan pernafasan. Setelah vital sign pasien diarahkan menuju dokter yang akan memeriksa, setelah diperika oleh dokter maka pasien akan mendapatkan resep dan dilanjutkan mengambil obat.

Kegiatan pengabdian masyarakat Pengobatan Gratis dan Bakti Sosial di Pura Luhur Tamba Waras ini dilaksanakan mulai pukul 09.00-13.00 WITA dengan jumlah pasien yang datang untuk berobat sebanyak 82 orang. Keluhan yang paling banyak dialami pasien adalah nyeri otot (myalgia). Rata-rata usia pasien yang datang adalah usia 40 tahun ke atas.

Acara terakhir pada pukul 14.00 WITA membereskan alat-alat yang telah digunakan dan berpamitan dengan panitia Piodalan dan kembali ke kampus STIKES Advaita Medika Tabanan.